Fungsi Administrasi Pendidikan

Fungsi Administrasi Pendidikan – administrasi pendidikan ialah proses atau upaya pencapaian suatu tujuan pendidikan dengan memperhatikan berbagai komponen pendidikan sehingga dapat melakukan perbaikan sistem pendidikan dengan memanfaatkan berbagai perangkat pendukung aktivitas belajar mengajar.

Administrasi Pendidikan

Terdapat banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan manajemen pendidikan tersebut. Misalnya, memastikan masyarakat mendapatkan pendidikan wajib belajar 9 tahun, melanjutkan ke sekolah menengah atas, bahkan perguruan tinggi bila memungkinkan.

Di dalam berbagai makalah disebutkan bahwa pendidikan bukan hanya dalam bidang akademis saja, tapi juga mencakup pendidikan lainnya. Misalnya pendidikan karakter yang didapatkan dari keluarga, pendidikan keahlian, pendidikan tata krama, dan lain-lain.

Singkatnya, administrasi pendidikan adalah keseluruhan proses dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak yang ada kaitannya dengan tugas-tugas pendidikan.

Fungsi Administrasi Pendidikan

Secara umum ada 8 fungsi administrasi pendidikan, diantaranya adalah:

1. Perencanaan (Planning)

Isi dari perencanaan dalam administrasi pendidikan ini mencakup hal yang akan dilakukan serta bagaimana cara melakukannya.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan kegiatan penyusunan & pembentukan hubungan kerja antar individu. Dengan begitu, kesatuan usaha dalam upaya pencapaian maksud & tujuan administrasi pendidikan dapat terwujud.

3. Kordinasi (Coordinating)

Kordinasi merupakan upaya yang dilakukan untuk menghindari terjadinya kesimpangsiuran dalam bertindak. Dengan kata lain, kordinasi adalah kegiatan yang membawa manusia, material, ide, teknik, serta tujuan ke dalam suatu hubungan yang harmonis serta produktif.

4. Komunikasi (Comunicating)

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu program pendidikan. Aktivitas komunikasi ini mencakup penyebaran penyampaian gagasan dan maksud, baik secara tertulis maupun lisan.

Baca juga : SOFTWARE PENGELOLA PEMBAYARAN SEKOLAH

5. Pengawasan (Supervision)

Dalam pelaksanaan program pendidikan tentu harus disertai dengan adanya pengawasan. Proses pengawasan program pendidikan harus dilakukan dengan teliti agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

6. Kepegawaian (Staffing)

Fungsi kepegawaian sudah berjalan mulai dari proses perencanaan dan pengorganisasian. Dalam hal ini, administrasi pendidikan mengupayakan agar yang dipilih untuk menduduki jabatan tertentu adalah orang-orang yang punya kemampuan dan kapabilitas sesuai dengan jabatan yang diberikan.

7. Penganggaran (Budgeting)

Budgeting ialah anggaran biaya yang direncanakan dan direalisasikan untuk pencapaian tujuan administrasi pendidikan.

8. Penilaian (Evaluating)

Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui efektivitas pelaksanaan proses keseluruhan organisasi dalam upaya pencapaian hasil sesuai program yang ditetapkan dalam kaitannya untuk pencapaian tujuan pendidikan.

>>> Download Software Administrasi Pendidikan Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *