Administrasi Keuangan Sekolah

1 min read

Software SPP Sekolah Promo

Administrasi Keuangan Sekolah – Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Beberapa kegiatan manajemen keuangan yaitu memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggungjawaban (Lipham, 1985; Keith, 1991).

Administrasi Keuangan Sekolah

Menurut Jones (1985), manajemen keuangan meliputi:

  1. Perencanaan financial, yaitu kegiatan mengkoordinir semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara sistematik tanpa efek samping yang merugikan.
  2. Pelaksanaan (implenmentation involves accounting), yaitu kegiatan berdasarkan rencana yang telah dibuat.
  3. Evaluasi, yaitu proses penilaian terhadap pencapaian tujuan.

Menurut Depdiknas (2000) bahwa manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Dengan demikian, manajemen keuangan sekolah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas mengatur keuangan sekolah mulai dari perencanaan, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan dan pertanggung-jawaban keuangan sekolah.

Pembiayaan pendidikan hendaknya dilakukan secara efisien. Semakin efisien suatu sistem pendidikan, semakin kecil dana yang diperlukan untuk pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Untuk itu, bila sistem keuangan sekolah dikelola secara baik maka akan meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan.

Artinya, dengan anggaran yang tersedia, dapat mencapai tujuan-tujuan pendidikan secara produktif, efektif, efisien, dan relevan antara kebutuhan dibidang pendidikan dengan pembangunan masyarakat. Untuk mencapai hal-hal tersebut maka diperlukan adanya proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan melaporkan kegiatan bidang keuangan agar tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Tujuan Manajemen Keuangan Sekolah

Melalui kegiatan pengelolaan keuangan, kebutuhan pendanaan kegiatan sekolah dapat direncanakan, diupayakan pengadaannya, dibukukan secara transparan, dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program sekolah secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, tujuan pengelolaan keuangan adalah:

  1. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
  2. Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah.
  3. Meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dibutuhkan kreativitas kepala sekolah dalam menggali sumber-sumber dana, menempatkan bendaharawan yang menguasai dalam pembukuan dan pertanggung-jawaban keuangan serta memanfaatkannya secara benar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Software Administrasi Keuangan Sekolah

Software SPP ITBrain Indonesia “ThePayMent” merupakan sebuah aplikasi pembayaran spp yang canggih, dan dapat membantu anda dalam mempermudah pekerjaan anda. Software Pembayaran SPP “ThePayMent” memiliki tampilan yang sangat sederhana (user friendly) dan menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga dapat lebih memudahkan penggunanya untuk mengoperasikannya.

Software pembayaran spp “ThePayMent” akan membantu anda dalam menginput, mengelola, hingga menghasilkan laporan keuangan yang dijamin akurat, efisien dan terpercaya. Selain itu, dengan menggunakan program pembayaran spp “ThePayMent” akan membuat anda terhindar dari kesalahan pencatatan akibat kurang teliti (human error) sehingga waktu pekerjaan anda dapat lebih cepat dan efektif.

Dari ulasan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Software Pembayaran SPP akan sangat membantu anda, terutama dalam hal pengelolaan keuangan siswa di sekolah.

>>> Download Software Administrasi Keuangan Sekolah Gratis, Klik Disini <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *