5 Kewajiban Bendahara Penerima Pembayaran SPP di Sekolah

39 sec read

APLIKASI PEMBAYARAN SISWA 1

Manajemen pembayaran SPP adalah serangkaian kegiatan pengelolaan keuangan yang berasal dari orangtua/wali murid oleh bendaharawan/tata usaha sekolah, mulai dari penerimaan pembukuan dan penyetoran.

manajemen keuangan sekolah

Untuk kelancaran penerimaan dan pembayaran SPP, diangangkatlah seorang atau lebih bendahara penerima SPP di sekolah.

Bendaharawan penerima SPP ini mempunnyai kewajiban sebagai berikut:

  1. Menerima SPP dari wajib bayar
  2. Mengadakan pembukuan
  3. Menyetorkan uang SPP yang diterima kepada cabang BRI yang terdekat dalam provinsi yang bersangkutan untuk rekening Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan  bagian Penampungan Penerimaan SPP pada BRI. Apabila jarak antara sekolah dan cabang BRI cukup jauh, penyetoran dapat dilakukan melalui pos wesel. Penyetoran dilakukan oleh bendaharawan penerima SPP paling lambat tanggal 15 setiap bulannya. Sedangkan SPP yang diterima sesudah tanggal tersebut disetorkan selambat-lambatnya tanggal 28.
  4. Mengirim bukti setoran SPP atau salinan resi pos wesel kepada Kepala Kanwil satu hari setelah tanggal penyetoran penerimaan  SPP ke BRI atau kantor pos.
  5. Membantu Kepala Sekolah yang mempunyai kewajiban menyampaikan laporan triwulan sebelumnya setiap akhir bulan mengenai data fisik penerimaan dan penyetoran kepada Kepala Kanwil, dengan tembusan kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Anggaran yang bersangkutan.

    *hanya Gambaran

Sumber : http://syafriyandika.blogspot.com/2012/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *