PERAN ASISTEN APOTEKER PADA USAHA APOTEK

Peran Apoteker di Apotek – Dalam perkembangan pelayanan farmasi telah terjadi pergeseran orientasi dari produk menjadi orientasi kepentingan pasien. Hal ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan serta tuntutan terhadap jaminan keselamatan pasien yang semakin kuat.

Orientasi ini dikenal dengan konsep Pharmaceutical Care. Tentunya tanpa mengesampingkan produk. Dengan banyak ditemukannya masalah yang berkaitan dengan obat dan penggunaannya; semakin meningkatnya keadaan sosio-ekonomi.

Peran Asisten Apoteker

Peran Asisten Apoteker di Apotek

Dalam peran Asisten Apoteker pada apotek, terdapat 2 penekanan pharmaceutical care, diantaranya:

  • Apoteker memberikan pelayanan kefarmasian yang dibutuhkan pasien sesuai kondisi penyakit.
  • Apoteker membuat komitmen untuk meneruskan pelayanan setelah dimulai secara berkesinambungan.

Peran Apoteker di Apotek

Sebagai seorang tenaga profesional, seorang Apoteker hendaknya berperan dalam membantu upaya pemerintah untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan mandiri.

Peran aktif Apoteker ini didasari dengan pengetahuan yang dimiliki Apoteker antara lain tentang patofisiologi penyakit; diet yang harus dijalani; obat-obatan yang diperlukan atau harus dihindari oleh pasien.

  1. Apoteker sebagai “A Caregiver”

Apoteker menyediakan layanan kefarmasian dengan penuh perhatian. Sebagai tenaga kesehatan professional, apoteker harus dapat berinteraksi dengan tenaga kesehatan lainnya agar dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang baik.

  1. Apoteker sebagai “A Decision Maker”

Dengan berdasarkan keilmuannya, apoteker harus mampu untuk mengambil keputusan dalam pelayanan kesehatan demi untuk kesehatan masyarakat serta dapat mengevaluasi setiap keputusan yang telah diambil.

  1. Apoteker sebagai “A Life-long-learner”

Sebagai tenaga kesehatan professional, apoteker harus terus menerus meningkatkan keilmuan baik di bidang farmasi pada khususnya maupun bidang kesehatan pada umumnya. Dengan belajar terus menerus maka apoteker dapat memberikan pelayanan kefarmasian sesuai perkembangan dunia kesehatan.

  1. Apoteker sebagai “A Teacher”

Apoteker juga bertanggung jawab sebagai seorang pengajar/ edukator. Dalam praktek kefarmasian di masyarakat, apoteker dapat memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat melalui penyuluhan dan praktek apoteker di apotek.

  1. Apoteker sebagai “A Communicator”

Apoteker berada di antara dokter dan pasien. Dengan demikian, apoteker harus memiliki pengetahuan dan percaya diri saat berinteraksi dengan profesional kesehatan lainnya dan masyarakat umum.

software Apotek Murah

Software Apotek

Nah, itulah artikel/pembahasan mengenai peran apoteker di apotek. Untuk memudahkan pekerjaan anda sebagai seorang apoteker, anda dapat menggunakan Software Apotek.

Software Apotek merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang dapat membantu anda dalam menangani berbagai macam pekerjaan yang terjadi di apotek.

Mulai dari mengelola inventory obat, resep, hingga proses laporan keuangan. Semuanya menjadi mudah dan aman.

Ayo gunakan software apotek sekarang juga!

ADD YOUR COMMENT