APLIKASI PEMBAYARAN SISWA 1

Pengelolaan Keuangan Sekolah Dengan Software PC

Pengelolaan Keuangan Sekolah – Berdasarkan PP Nomor 48  Tahun  2008  tentang  Pendanaan Pendidikan,  disebutkan bahwa ada 3 jenis biaya pendidikan, yaitu Biaya Satuan  Pendidikan,  Biaya Penyelenggaraan dan/atau  Pengelolaan  Pendidikan, serta  Biaya Pribadi  Peserta  Didik.

Pengelolaan Keuangan Sekolah

1. Sumber-Sumber  Pemasukan  Keuangan Sekolah

Pasal 46 UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional,  menyatakan  pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Sebagai konsekuensi logisnya maka sumber-sumber pemasukan sekolah bisa berasal dari pemerintah, usaha mandiri sekolah , orang tua siswa, dunia usaha dan industri, sumber lain seperti hibah yang tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku,  yayasan  penyelenggara  pendidikan  bagi lembaga pendidikan swasta, serta masyarakat luas.

  1. Pemerintah: Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
  2. Dana Masyarakat; dana ini bisa berasal dari komite sekolah/orang tua siswa atau dari sponsor dan donatur
  3. Dana Swadaya
  4. Sumber Lain

2. Tujuan Manajemen Keuangan Sekolah

1).  Meningkatkan  efektivitas  dan  efisiensi penggunaan keuangan sekolah

2). Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah.

3).  Meminimalkan  penyalahgunaan  anggaran sekolah.

3. Alokasi Keuangan Sekolah

Pendanaan pendidikan saat ini dapat dikelompokkan menjadi  biaya  personalia  dan  operasi nonpersonalia. Biaya personalia,  terdiri dari gaji pendidik dan tenaga  kependidikan  serta  tunjangan  tunjangan yang melekat pada gaji dan biaya  nonpersonalia adalah biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana,uang  lembur,  transportasi,  konsumsi, pajak,  asuransi,  dll  (baca  Permendiknas  nomor 69  tahun  2009,  tentang  Standar  Biaya  Operasi Nonpersonalia Tahun 2009 Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah  Atas/Madrasah  Aliyah  (SMA/MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).

Biaya operasi nonpersonalia adalah standar biaya yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasi nonpersonalia selama 1 (satu) tahun sebagai bagian dari  keseluruhan  dana  pendidikan  agar  satuan pendidikan dapat melakukan kegiatan pendidikan secara teratur dan berkelanjutan sesuai SNP.

Baca juga : MANFAAT MENGGUNAKAN SOFTWARE SEKOLAH

4. Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Sekolah

Penerimaan  dan  pengeluaran  keuangan  sekolah harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan secara rutin sesuai peraturan yang berlaku. Pelaporan dan pertanggungjawaban  anggaran  yang  berasal  dari orang tua siswa dan masyarakat dilakukan secara rinci dan transparan sesuai dengan sumber dananya.

Pelaporan dan pertanggungjawaban anggaran yang berasal dari usaha mandiri sekolah dilakukan secara rinci dan transparan kepada dewan guru dan staf sekolah. Pertanggungjawaban anggaran rutin dan pembangunan  dilakukan  dengan  memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

  1. Selambat-lambatnya  tanggal  10  setiap bulan  Bendaharawan  mengirimkan  Surat Pertanggungjawaban(SPJ)  kepada  Walikota/ Bupati  melalui  Bagian  Keuangan  Sekretariat Daerah.
  2. Apabila tanggal 10 bulan berikutnya SPJ belum diterima oleh Bagian KeuanganSekretariat Daerah maka tanggal 11 dikirimkan Surat Peringatan I.
  3. Apabila  sampai  dengan  tanggal  20  bulan berikutnya  SPJ  juga  belum  dikirimkan  pada Bagian  Keuangan  Sekretariat  Daerah,  maka dibuatkan Surat Peringatan II.
  4. Kelengkapan Lampiran SPJ:
  5. Surat pengantar
  6. Sobekan BKU lembar 2 dan 3
  7. Daftar  Penerimaan  dan  Pengeluaran  per pasal/komponen
  8. Daftar Penerimaan dan Pengeluaran UUDP
  9. Laporan Keadaan Kas Rutin/ Pembangunan (LKKR/LKKP) Tabel I dan II
  10. Register penutupan Kas setiap 3 bulan sekali.
  11. Fotokopi  SPMU  Beban  Tetap  dan  Beban Sementara
  12. Fotokopi  Rekening  Koran  dari  bank  yang ditunjuk.
  13. Daftar Perincian Penerimaan dan Pengeluaran Pajak(Bend.15)

Baca juga : APLIKASI PEMBUAT JADWAL PELAJARAN TERLENGKAP THESCHEDULE

Software Administrasi Keuangan Sekolah

Software SPP ITBrain Indonesia “ThePayMent” merupakan sebuah aplikasi pembayaran spp yang canggih, dan dapat membantu anda dalam mempermudah pekerjaan anda. Software Pembayaran SPP “ThePayMent” memiliki tampilan yang sangat sederhana (user friendly) dan menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga dapat lebih memudahkan penggunanya untuk mengoperasikannya.

Software pembayaran spp “ThePayMent” akan membantu anda dalam menginput, mengelola, hingga menghasilkan laporan keuangan yang dijamin akurat, efisien dan terpercaya. Selain itu, dengan menggunakan program pembayaran spp “ThePayMent” akan membuat anda terhindar dari kesalahan pencatatan akibat kurang teliti (human error) sehingga waktu pekerjaan anda dapat lebih cepat dan efektif.

Dari ulasan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Software Pembayaran SPP akan sangat membantu anda, terutama dalam hal pengelolaan keuangan siswa di sekolah.

>>> Download Software Pengelolaan Keuangan Sekolah Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT